Google ads

SILA CARI DI SINI

Google

Tuesday, December 2, 2008

KIAT-KIAT SEHAT SELAMA BERHAJI

Tidak hanya sekedar uang yang mengantarkan kita sukses dalam berhaji, dan uang bukan kunci utamanya. Kesehatan yang prima justru modal nomor wahid yang harus di genggam, dengan kondisi badan yang sehat, maka ibadah tidak akan terhambat.
Kiat-kita menjaga kesehaan kali ini disuguhkan oleh Dr.M.Iqbal Hasyim, MK3 dan Dr. Azwar Hasyim, SpPD, melalui bukunya yang bertajuk Kiat-kita Sehat Selama Berhaji--Pendekatan Medis dan Agama.
Buku ini sangat pantas dirujk oleh siapa saja yang akan menunaikan ibadah haji, karena buku ini dususun oleh seorang dokter yang sering mendapat tugas sebagai pendamping jamaah haji. Pengalamannya di inferensikan dengan rinci, dan dituliskan dalam bahasa yang sederhana, memungkinkan setoiap orang mampu memahaminya.
Masalah yang dianggap krusial, terkait dengan kondisi alam tanah suci yang iklimnya memiliki perbedaan sangat signifikan dengan tanah air, diungkap sebagai rangkaian yang sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Di sinilah strategi yang dipersiapkan sebagai kiat.
Data buku
JUDUL: Kiat-kiat Sehat Selama Berhaji-Pendekatan Medis dan Agama
PENULIS: Dr. M. Iqbal Hasyim, MK3 dan Dr. Azwar Hasyim, SpPD
PENERBIT: Baitul Ihsan. Jl. Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat. Telp. 021- 3818457. E-mail: mmbi@bi.go.id
ISBN: 979-98326-2-4
CETAKAN: I- September 2004
TEBAL : xxiv + 240
SADAPAN RINGKAS
Perbedaan iklim memang harus menjadi titik pencermatan, karena dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kondisi kesehatan para jamaah.
Terkait dengan iklim buku ini memaparkannya sebagai berikut:
  • Heat Stroke = Sun Stroke [ sengatan udara panas]

Penyakit atau keadaan ini ditimbulkan pada musim panas [bulan Juni-September]. penyebabnya karena tubuh tidak mampu lagi mengontrol suhu tubuh sendiri. Suhu tubuh yang begitu cepat meningkat dan gagalnya mekanisme keringat sehingga tubuh tidak dsapat melakukan sistem pendinginan, maka terjadilah serangan strike yang menyebabkan kesadaran menurun/pingsan. Indikator gejala juga dikupas oleh buku ini

  • Frost Bite [sengatan udara dingin.

Terjadi pada saat musim dingin tiba [Desember, Januari dan Pebruari], penyebabnya adalah suhu yang terlalu dingin kemuidian berakibat pada pembuluh darah yang menciut sehingga bagian tubuh tertentu kurang mendapat darah dan bila berlangsung lama dapat merusak jaringan tubuh

Berbagi penyakit yang sering dialami oleh jamaah haji juga diurai pada buku ini

No comments:

ads