Google ads

SILA CARI DI SINI

Google

Monday, December 8, 2008

BERHAJI DI MASA KOLONIAL

Penulis buku ini adalah DR.M.Dien Majid, seorang orang penghobi kertas usang Arsip Nasional Indonesia ANRI. Sejarawan yang menjabat Ketua II pada Pengurus Pusat Masyarakat Sejarawan Indonesia [MSI]. Putera kelahiran Takengon Aceh ini sangat cermat mengkais-kais arsip, yang selanjutnya dikemas dalam bahsan cerdas, dan terlahirlah sebuah buku dengan tajuk Berhaji di Masa Kolonial.
Kecermatan penulis sampai mengundang decak kagum dua orang guru besar, yang berkomentyar sebagai berikut"
------Prof. DR. adrian B. Lapian.
Buku ini mengingatkan kembali kepada novel Joseph Conrad berjudul Lord Jim tentang malapetaka kapal haji yang karam pada abad ke 19. Suka duka perjalanan haji Nusantara-Makkah didasarkan atas penelitian di ArsipNasional RI membuka tabir pengalaman masa lalu. Muidah-mudahan para pembaca memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai perjalanan haji yang hingga sekarang masih tersa adanya kesinambungan.
------Prof. DR. Maswadi Rauf MA
Berhaji di masa kolonial adalah kegiatan yang penuh tantangan, baik secara administratif maupun secara teknis karena umat Islam di Nusantara berada di bawah jajahan Belanda dan perjalanan laut yang lama. Buku ini dapat menggambarkan dengan baik segalqa suka duka naik haji pada masa lalu.
Data Buku
JUDUL: Berhaji Di Masa Kolonial
PENULIS: DR.M.Dien Majid
PENERBIT: CV Sejahtera- Jakarta
ISBN: 978-979-95892-4-8
CETAKAN: 2008
TEBAL: xi + 220

No comments:

ads