Google ads

SILA CARI DI SINI

Google

Wednesday, November 5, 2008

HAJI SOSIAL

Buku ini lahir dari kajian terkait dengan perilaku seorang muslim di kawasan kampung Makasar wilayah DKI Jakarta, adalah wilayah yang berada di pinggirankota dengan budaya Betawi yang amat kental, kendatipun tidak dihuni 1005 orang Betawi. Di wilayah ini seorang haji menjadi simbul sosial, artinya seorang yang telah menunaikan ibadah haji akan memiliki peran sosial yang meningkat. Makna terdalsmnya seorang-orang yang berpredikat haji setidak-tidaknya akan menjadi penggerak sosial, perkataan dan perbuatan sering dijadikan acuan.
Realitas ini selaras dengan sebuah pemikiran bahwa haji, kini tidak sebatas dipahami sebagai ibadah individual dalam hubungannya dengan Tuhan. Tetapi haji juga dimaknai sebagai ibadah sosial dalam hubungannya antar sesama.
Pemaknaan ini karena eksistensi ke haji-an pada akhirnya sangat ditentukan oleh konteks sosial; Bagaimnana "seorang haji" menjadi lebih baik ketika berinteraksi dengan masyakat lingkungannya, semakin neniliki kepedulian sosial, kepekaan sosial, tumbuh sikan "filantropi", tentunya juga semakin tawadhu'. Dengan demikian, pemaknaan haji bergeser lebih memilki multi arah, tidak hanya sebuah ritual atau ibadah yang sifatnya individu, namun lebih utuh, yakni munculnya jiwa sosial. Ibadah haji tidak lagi sebuah sakralisasi, namun untuk keutuhan spiritual lebih mengedepan. Tentunya seorang haji dalam konteks yang holistik ini, harus memiliki kebermanaan sosial, karena setelah menjalankan ibadah, seorang hajisecara tidak langsung mengantongi "entry point" menjadi sosok yang diteladani. Buku ini membentangkan kenyataan yang telah dilakukan para "alumnus tanh suci" yang berdiam di Kampung Makasar, di sini pula, mereka berkiprah, menjadi pelopor. Program pendidikan juga disentuhnya, bahkan kegiatan peringatan hari-hari nasional, para haji di wilayah ini menjadi motor penggeraknya. Data Buku:
JUDUL: Haji Sosial [Makna Simbol Haji dalam Masyarakat]
PENULIS: M.Amin Akkas
PENERBIT :Media Cita Jakarta. Jl. MAsjid Al-Munir No. 19. Telp. 021-80887826 Jakarta-Timur 13570.
ISBN: 978-979-25-6844-8
CETAKAN: Pertama 2007
TEBAL: xxiv +225 Hlm: 11 x 17

No comments:

ads