Google ads

SILA CARI DI SINI

Google

Wednesday, August 13, 2008

MISTERI- AL-MUAISIM

Kecermatan dan kesabaran seorang-orang bernama R. Abdul Malik, akhirnya membuahkan sebuah buku yang berjudul “Misteri Al-Muaisim”.
Peristiwa tragis yang terjadi di Terowongan Mina Tahun 1990 lalu, diceriterakan ulang oleh buku ini. Kita pasti sangat maklum kalau pemberitaan ini tidak pernah surut, karena setiap musim haji kita dingatkan oleh terowonga Mina.
Pemerintah Saudi telah membangun sejumlah terowongan yang menghubungkan antara Mekkah dan Mina yang dimulai dari terowongan yang berada di jalan Mali Abdul Aziz, utara Mina yang memanjang dari Muzdhalifah sampai ke Aziziyzh Makkah Al-Mukarramah. Dilajutkan dengan terowongan yang menghubungkan wilayah Horotullisan dengan jamrat yang dikenal sebagai terowongan Muaishim, sesuai dengan nama daerahnya (kita mengenalnya dengan terowongan Mina)
Secra rinci, terowongan ini panjangnya 600 meter, sedangkan tingginya mencapai 8 meter. Yerowongan ini dibangun oleh pemerintah Saudi dengan menelan biaya SR. 370.000.000 [tiga ratus tujuh puluh juta Rial Saudi].
Pada tahun 1990, terowongan ini menjadi saksi mereganngnya nyawa, sebanyak 655 Jemaha Haji dari Indonesia, Juga nyawa dari Jemaah Haji Turki.
Buku ini sengaja ingin memutar ulang peristiwa itu, dalam bentuk laporan dari hari ke hari, dan disertai data yang tewas di terowongan lengkap dengan asal embarkasinya.
Data buku
JUDUL: Miteri Al- Muaisim
PENULIS: R. Abdul Malik
PENERBIT : Pustakakarya Gafitama
CETAKAN: November 1990
ISBN: 979-494-033-X
TEBAL : 140 hlm.
Isi buku ini banyak menyunting berita harian dan majalah mingguan. Juga wawancara langsung. Adapun media yang disunting adalah ; Tempo, Editoir, Kompas, Pelita, Suara Pembaharuan, Pikiran Rakyat, dan Pos Kota.

No comments:

ads