Google ads

SILA CARI DI SINI

Google

Friday, October 23, 2009

BERSUJUD DI BAITULLAH

Sarat makna, karena buku ini seakan menuntun kita dari pengelaman empiri Moeslem Abdurrahman, sebagai penulisnya. Tidak saja membimbing namun kita diajak merawat nilai-nilai yang telah kita dapat sewaktu beribadah haji. Harus diakui, banyak kejadian, banyak juga yang terlupakan, bahwa haji itu merupakan bagian yang mendekatkan kita kepada wilayah kualitas manusia yang paripurna. Segenap perilaku yang baik ketika di tanah suci, justru harus ditumbuh kembangkan di tanah air (sepulang haji). Haji harus lekat dengan rahman dan rakhim, haji harus terus menerus memproduksi kebaikan, kapan saja dimana saja.
Moeslem Abdurrahman, sang penulis adalah intelektual yang mengenyam pendidikan di Barat, bergelar master dan doktor dari University Illinois Urbana Campaign, amerika serikat. Tentunya pengalaman seorang intelektual ini mampu juga menggugah pengalaman tidak hanya satu sisi wilayah religi, namun sisi rasional juga membajiri pikirannya.
Buku ini ini dikreasi tidak hanya menulis pengalaman, namun keinginan mengiur pikir, serta mengajak dialog hati para pembacanya. Gaya filsafati begitu kental, menyentuh hati juga diakrabi. Cerminan mengajak berbuat baik dan menambal kelemahan hati menuju totalitas diri dibuat secara cermat dan hati-hati. Pembaca tidak terasa terseret kedalam pemikiran santun dalam bereligi. Menurut Moeslem, Ibadah Haji itu mencari kesalehan hidup. Tentunya pikiran ini akan di patron oleh para pembaca. Fenomena "perhajian" tak luput dari pengamatan, untaian pengalaman juga mengisnpiarsi kehadiran solusi, agar haji Indonesia akan termudahkan dalam pelayanan. Ternyata buku ini juga menyoroti permasalahan haji dari berbagai dimensi, mulai psikologi hingga sosiologi. Menatap perjalanan haji juga sempat dienggah dalam buku ini, bahkan ada tengara baru ke arah kesadaran-kesadaran baru. Dari kacamata pengetahuan buku ini dapat diacu sebagai literatur manakala ada seorang-orang akan menulis skripsi, tesis atau disertasi.
Data buku:
JUDUL: Bersujud di Baktullah, Ibadah Haji, Mencari Kesalehan Hidup
PENULIS: Moelem Abdurrahman
PENERBIT: Buku Kompas, september 2009. PT Kompas Media Nusantara Jl. Palmerah Seatan 26-28 Jakarta 10270. E-mail: buku@kompas.com
ISBN: 978-9769-709-437-9
TEBAL: xvi +320 halaman : 14 x 21 cm
CETAKAN: September 2009
Bab yang dibahas"
Bab 1. Pendahuluan
Bab 2. Penumpang yang Saleh dan Perstisius
Bab 3. Perjalananku ke Makkah
Bab 4. Hajah
Bab 5. Dalam Rumah Tuhan
Bab 6. Pencerminan Haji
Bab 7. Kesimpulan

No comments:

ads