Google ads

SILA CARI DI SINI

Google

Monday, August 24, 2009

KA'BAH RAHASIA KIBLAT DUNIA


Mulai sejarah, arsitektur dan struktur pejabat yang turut serta membidani bangun Ka'bah ini di jelaskan secra runtut dan lugas. Namun yang menarik kita cerna dari buku ini, adalah banyak tamu asing yang melihat secara diam-diam Ka,bah, mulai dari kegamuan, hingga studi yang khusus mengapa Ka'bah menjadi kiblat dunia di urai di buku ini. Kunjungan orang asing itu oleh buku ini dijadikan segmen pembahasan khusus dengan tajuk "Ka'bah Dalam Lesaksian Orang Barat"
Adapun orang asing yang dimaksud adalah:
[] KUNJUNGAN LUDOVICVO DE VARTHEMA (1503M)
Adalah seorang saudar berkebangsaan Italia yang bersal dari wilayah Venisia. Menggunakan nama samaran Haji Yunus Al- Mishri. Dari kunjungan itu pada tahun 1510 M De varthema melahirkan buku yang perisi seputar perjalannan di dua kpota, Makkah dan Madinah. Buku itu diterjemhakan dalam bahasJerman, Perancis, Spanyol, Belanda dan Inggris.
[]KUNJUNGAN VINCENT LEBLANC (1568)
Seorang pelaut berekebangsaan Prancis. Kemudian membuat buku yang menceriterakan Kota Mekkah tempat keberdaan Ka'bah
[]KUNJUNGAN JOHANN WILD [1607M ]
Dalam perjalanannya, dia banyak menceriterakan bahaya yang dihadapi para jamaah haji. Konon perjalannanya ketika itu, rombongannya kehilangan 1.500 orang dan 900 unta Wild mengmabarkan tata laksana haji yang sebenarnya
[]KUNJUNGAN JOSEPH PITTS [1690 M]
Adalah seoran pelaut yang pernah menjadi tawanan perompak Aljazair, Selama empat bulan berada di Makkah, dia sempat memasuki Ka'bah dua kali.
[]KUNJUNGAN DOMINGGO BADIA Y LEYBLICH [1807M]
Mengunjungi Makkah dan Madinah dengan nama Ali Bek Al-Abbasi, dengan mengaku keturunan para khalifah Al-Abbasiyyun di Maroko. Ada yang menengarahi beragama Yahudi. Disinyalir dimanfaatkan Prancis untuk memata-matai umat Islam. Selama berada di Makkah, dia mengukur sisi-sisi Masjidil Haram, yang menurutnya 536 kaki dan 9 inci. Selain itu, dia juga menggambar Ka'bah dan Majidil Haram dengan detail. Lebih dari itu, ia mendapat kehormatan untuk ikut serta mencuci Ka'bah bersama para pembesar lainnya pada musim haji.
[]KUNJUNGAN ULIRIC JASPER SEETZEN [1767-1811]
Pada tahun 1809 M, Seetzen putra-pura menunaikan ibadah haji, selama di Jazirah Arab itu ia menggmbar side plan Kota Makkah dan Madinah.
[]KUNJUNGAN JOHN LEWIS BUCKHARDT
Buckhardt masuk ke Makkah pada 1814 M dengan bama Ibrahium Bin Abdullah. Dia menceriterakan secar detai perihal Kota Makkah dan Madinah, terutama berkenaan dengan Masjidil Hram, Ka'bah dan Hajar Aswad. Selain itu dia juga menjelaskan manasihk haji dengan jelas dan detail. Yang menari dari pernyataan Buckhardt adalah : " Tepat-tempat Suci dan kehiudupan di Makkah dan Madinah tidak tertandingi oleh orang-orang yang datang sesudahnya.
Orang barat lain yang berkunjung adalah;
[] Giovanni Finati
[] Leon Roches
[]George August Wallin
[]Richard Burton
[]Heinrich von MAlzan
[]John Fryer Keane
[]Christian Snouck Hurgronje
[]Gervais Countellemont
[]Abdul Aziz Do Lichten
[]A.J.B Wavell
[]C.R. Rutter
Data buku
JUDUL: Ka'bah Rahasia Kiblat Dunia.
PENULIS: Muhammad Abdul Hamid Asy-Syarqawi & Muhammad Raja'i Ath-Thahlawi
PENERBIT: HIKMAH [PT Mizan Publika]. Jln. Puri Mutiara No. 72. Cilandak Barat, Jakarta Selatan No. 72 12430. Telp: 021-75915762-63. http://www.mizan.com/hikmah. E-mail: hikmahku@cbn.net.id
ISBN: 978-979-192-380-4
CETAKAN: I- April 2009
PENERJEMAH: Luqman Junaidi dan Khalifurrakhman Fath.
TEBAL: xvi + 238 halaman
Catatan:
Secara keseluruhan buku ini ingin menginformasikan:
  1. Keagungan Ka'bah
  2. Kekuatan artistik yang mengintari Ka'bah
  3. Mekkah sebagai Pusat peradaban Dunia
  4. Makna kesuvian tanah suci

No comments:

ads